Bus tingkat untuk city tour Solo, Werkudara, bakal punya saudara. Bus tingkat produksi Mercedes Benz dengan warna kuning, oranye, merah dan biru bertuliskan Bank Mayapada di bodi sampingnya itu telah berada di kompleks Kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Solo.

Keberadaan bus itu langsung menarik perhatian orang atau pengendara kendaraan yang lewat Jl. Menteri Supeno depan kantor Dishub. Mereka menghentikan laju kendaraan setelah menyaksikan penampakan bus berukuran jumbo yang terparkir di depan pintu ruang uji kendaraan (KIR) itu.

Tidak sedikit dari mereka yang langsung mengambil posisi parkir di dalam kompleks Kantor Dishub, dekat dengan bus berwarna mencolok tersebut.

Saat dimintai informasi, Kepala Dishub Solo, Hari Prihatno, menyampaikan bus sumbangan corporate social responsibility (CSR) Bank Mayapada tersebut bakal dimanfaatkan Dishub untuk transportasi wisata di Kota Bengawan. Namun, dia belum bisa memastikan kapan bus mulai bisa dinikmati masyarakat.

Dishub masih harus merampungkan urusan administrasi terkait surat-surat kendaraan. Dishub juga perlu menggelar pelatihan bagi para calon sopir. “Karena bus ini termasuk bus modern, semuanya dikendalikan menggunakan tombol, sehingga perlu pelatihan bagi para calon sopirnya. Transmisi bus ini juga matic,” kata Hari saat ditemui wartawan sambil menyaksikan kondisi bus.

Modernitas bus Mayapada tersebut juga tampak dari sarana atau fasilitas bagi penumpang. Misalnya pintu bus dibuat otomatis terbuka dan tertutup menggunakan sensor.

Berbeda dengan bus Werkudara, Hari menyampaikan bus Mayapada yang baru memasuki tahap karoseri di Kudus tersebut niatnya bakal difungsikan untuk keperluan pariwisata hingga lintas daerah di Soloraya. Bus Mayapada yang kini juga telah dilengkapi ornamen tokoh wayang Werkudara itu akan diarahkan bisa melayani penumpang dari Solo menuju ke objek wisata di daerah lain di Soloraya, misalnya Museum Sangiran, Sondokoro di Karanganyar, sentra susu di Boyolali, Cokro Tulung di Klaten, dan lain sebagainya.

Berita diambil dari solopos.com
Bus Wisata Solo Werkudara Punya Adik, Sumbangan Bank Mayapada