Kampung Wisata Sondakan Solo Tawarkan Paket Rp75.000-Rp130.000, Ini Fasilitasnya

Kampung Wisata Sondakan Solo Tawarkan Paket Rp75.000-Rp130.000, Ini Fasilitasnya

Kampung Wisata Sondakan, Laweyan, Solo, menawarkan paket wisata dengan tarif mulai Rp75.000 hingga Rp130.000 per orang. Ada beberapa paket yang ditawarkan kepada para turis dari dalam negeri maupun mancanegara yang akan berkunjung.

Ketua Pokdarwis Sondakan, Albicia Hamzah, menjelaskan paket wisata Rp130.000 per orang dikenakan apabila kunjungan turis lebih dari tujuh orang. Sedangkan apabila kurang dari tujuh orang, setiap orang dipatok Rp150.000.

Dia menjelaskan dengan tarif itu, pengunjung bisa ke Museum Samanhoedi, pengrajin wayang, pengrajin cap batik, pengrajin batik, dan ke craft di kampung wisata tersebut.

Paket personal juga tersedia yaitu pelatihan tatah sungging wayang selama tiga jam. Suvenir wayang terbuat dari kulit untuk pembatas buku. Biayanya Rp125.000 dengan lama waktu tiga jam plus bimbingan pelatihan.

Bagi yang ingin tahu cara pembuatan karak, Kampung Wisata Sondakan menawarkan paket wisata pembuatan karak dengan tarif Rp60.000 per orang. Pengunjung bisa mengikuti semua tahapan pembuatan karak mulai dari mengiris-ngiris sampai digoreng.

Pengembangan Kampung Wisata Sondakan sudah berlangsung selama sembilan tahun. Selama itu, Sondakan terus berbenah dan menyelenggarakan berbagai macam kegiatan kebudayaan dan kepariwisataan dalam rangka penguatan eksistensi menjadi Kampung Wisata.

Pada 2013, Sondakan masuk nominasi 10 besar desa wisata seluruh Indonesia dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Pokdarwis Sondakan tengah membangun mindset masyarakat bahwa potensi ekonomi kreatif di Kelurahan Sondakan yang meliputi produksi batik, produksi wayang, produksi cap batik, produksi kuliner, dan beberapa produksi ekonomi kreatif turunan lainnya merupakan potensi wisata.

Berita diambil dari solopos.com
Kampung Wisata Sondakan Solo Tawarkan Paket Rp75.000-Rp130.000, Ini Fasilitasnya

Tinggalkan Pesan dan Kesan Anda