Sensasi Berendam Sekaligus Terapi di Umbul Brintik Malangjiwan Klaten

Sensasi Berendam Sekaligus Terapi di Umbul Brintik Malangjiwan Klaten

Desa Malangjiwan, Kecamatan Kebonarum, Kabupaten Klaten, merupakan salah satu desa di Kabupaten Klaten dengan kekayaan alam berupa sumber mata air. Berada di bawah pohon beringin dengan air yang bening, sumber mata air tersebut dikenal dengan nama Umbul Brintik.

Tak hanya kesegeran air alaminya, Umbul Brintik dikenal sebagai tempat terapi kesehatan. Berendam di umbul tersebut diyakini bisa membantu penyembuhan sejumlah penyakit seperti rematik, stroke, atau saraf terjepit.

Dari potensi alam tersebut, pemerintah desa setempat mulai mengembangkan menjadi objek wisata air. Pengembangan dilakukan setelah ada gelontoran dana desa sejak 2015 lalu. Secara bertahap, kolam renang yang ada di kawasan umbul itu direnovasi selain membangun kolam baru.

Saat ini sudah ada tiga kolam baru dan dua kolam utama yang direnovasi. Total dana yang dialokasikan guna pengembangan Umbul Brintik diperkirakan mencapai hampir Rp1 miliar. Selama setahun terakhir pengelolaan Umbul Brintik diserahkan ke Badan Usaha Milik (BUM) desa.

Pendapatan yang diperoleh dari pengelolaan umbul tersebut saban bulannya mencapai puluhan juta rupiah dari tiket masuk kawasan umbul senilai Rp3.000/orang.

Koordinator Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Desa Malangjiwan, Supriyanto, mengatakan Umbul Brintik hampir saban hari ramai sejak pukul 03.30 WIB. Warga yang datang sejak pagi rata-rata untuk melakukan terapi kesehatan.

Berita diambil dari solopos.com
Sensasi Berendam Sekaligus Terapi di Umbul Brintik Malangjiwan Klaten

Tinggalkan Pesan dan Kesan Anda